400 UMKM Kota Batam Ikuti Pelatihan Publik Speaking

Sebanyak 400 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam mengikuti Tahun 2024 di Planet Holiday Hotel dan Residence, Selasa (23/01/2024).

TNews, KOTA BATAM – Sebanyak 400 pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Batam mengikuti Tahun 2024 di Planet Holiday Hotel dan Residence, Selasa (23/01/2024). Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan pelatihan Publik Speaking ini sangat penting dalam berkomunikasi dan menyampaikan informasi.

“Atas nama Pemerintah Daerah dan atas nama Wali Kota Batam, Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran peserta untuk ikut serta dalam pelatihan ini. Pelatihan ini sangat penting dan tentunya sangat baik sekali untuk diikuti pelaku usaha di Kota Batam,” tuturnya.

Diungkapkannya, publik speaking ini merupakan hal yang penting dalam kehidupan. Sebagai pelaku usaha menurutnya harus memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi sehingga orang tertarik terhadap produk usaha yang dijual. Batam merupakan daerah jasa, sehingga pelaku usahanya harus menguasai ilmu Publik Speaking ini.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah supaya pelaku usaha memiliki kemampuan berbicara di depan umum untuk menawarkan barang dan jasa yang mereka miliki, serta bisa memasarkan produk lebih luas lewat marketplace dan media sosial,” tuturnya.

Harapanya melalui pelatihan ini dapat menambah ilmu baru dan dapat memotivasi peserta bagaimana cara berkomunikasi dengan orang. Ia mengimbau agar peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sebaiknya dalam rangka meningkatkan kapasitas komunikasi.

“Saat ini Wali Kota Batam tengah masif melakukan pembangunan di Kota Batam. Beliau selalu berpesan agar masyarakat Kota Batam ambil manfaat dari pembangunan di Kota Batam ini. Sebagai daerah jasa, Kita hanya mengandalkan orang yang datang ke Batam yakni investor maupun Wisman baik domestik maupun mancanegara,” jelasnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina sekaligus Ketua Dekranasda Kota Batam menyampaikan pelatihan ini sangat penting terutama dalam memasarkan produk secara online. Dengan publik speaking bagaimana orang tertarik dan melirik produk yang dijual kepada konsumen. Ia mengatakan bahwa Disperindag Kota Batam bersama dengan Dekranasda Kota Batam akan terus mendukung pelaku UMKM di Kota Batam agar maju.

“Melalui pelatihan ini Saya harapkan Bapak/Ibu dapat meningkatkan promosi produk Kita. Untuk itu Kita harus pandai berbicara, jika Kita pandai berbicara artinya Kita sudah menguasai produk yang Kita jual sehingga orang tertarik untuk melirik usaha Kita,” ujar Ketua GOW Kota Batam ini.

Ia juga memotivasi peserta agar tidak berputus asa dalam menjalankan usahanya. Pesannya agar pelaku usaha berani berbicara untuk mempromosikan produk usahanya. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan UMKM guna meningkatkan kapasitas berbicara dengan mitra bisnis maupun konsumen.

“Saya doakan semoga usaha para pelaku UMKM di Kota Batam berkembang terutama dalam pemasaran produk usaha yang dijual secara online,” ucapnya.

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau selaku ketua panitia pelaksana pelatihan Publik Speaking menyampaikan kegiatan ini bekerjasama antara Disperindag dan Dekranasda Kota Batam. Pelatihan Publik Speaking ini diikuti oleh pelaku UMKM dan mahasiswa di Kota Batam. Dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya yang lebih luas.

“Terimakasih kepada atas kehadiran Ibu Wakil Gubernur Provinsi Kepri sekaligus Ketua Dekranasda dan juga Bapak Sekretaris Daerah Kota Batam, H. Jefridin Hamid yang sudah hadir di acara ini,” tuturnya. Untuk narasumber pelatihan adalah Gholan Hasan.

Reporter : Nanank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *