Pemko Batam Dukung Rakernas APKAPI 2024 untuk Majukan Transportasi Laut

Gambar: Pemko Batam Dukung Rakernas APKAPI 2024 untuk Majukan Transportasi Laut, (14/9/2024).

TNews, BATAM— Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pertama Asosiasi Pengusaha Kapal Penumpang Indonesia (APKAPI) resmi dibuka di Planet Holiday Hotel, Sabtu (14/09/2024), ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc., yang diwakili oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Dr. Hartanto, M.H., M.Mar.E. Acara ini dihadiri oleh Ketua Umum APKAPI, Jonny De Quelju, dan dihadiri oleh sejumlah tokoh industri transportasi laut nasional.

Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Rakernas tersebut. Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, melalui Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd., berharap Rakernas ini mampu menghasilkan program kerja yang dapat mendorong kemajuan industri transportasi laut di Batam dan Indonesia secara umum.

“Atas nama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, kami mengucapkan selamat atas terselenggaranya Rakernas 1 APKAPI. Semoga Rakernas ini dapat menghasilkan program-program yang memperkuat industri transportasi laut, khususnya di Kota Batam,” ujar Jefridin dalam sambutannya.

Sebagai wilayah kepulauan yang berdekatan dengan negara tetangga dan menjadi destinasi utama wisatawan domestik dan mancanegara, Jefridin menekankan pentingnya peran APKAPI dalam meningkatkan kualitas dan keamanan layanan transportasi laut. Menurutnya, koordinasi yang baik antara pemerintah dan pengusaha kapal penumpang sangat diperlukan untuk menciptakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkualitas bagi masyarakat.

“Batam berada di lokasi strategis, dan sinergi antara APKAPI dengan pemerintah sangat penting. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, koordinasi antara pemerintah dan APKAPI harus terus ditingkatkan agar tercipta transportasi laut yang aman dan nyaman,” jelas Jefridin.

Melalui Rakernas ini, Pemko Batam berharap APKAPI sebagai wadah para pengusaha kapal penumpang dapat lebih berperan aktif dalam memberikan layanan terbaik kepada penumpang, baik dari segi kualitas maupun keamanan. Selain itu, sinergi antara APKAPI dan pemerintah daerah diharapkan semakin erat untuk memajukan sektor transportasi laut di Batam.

Acara Rakernas APKAPI 2024 ini menjadi momentum penting bagi para pemangku kepentingan dalam industri transportasi laut untuk berkolaborasi, demi menciptakan sistem transportasi yang lebih baik di masa depan, tidak hanya untuk Batam, tetapi juga seluruh Indonesia.*

Peliput: Nanang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *