Pemerintah Provinsi Kepri Gencarkan ‘Gemarikan’ di Kota Batam

TNews, BATAM – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, terus menggencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Batam. Pada Rabu (12/6/2024), Marlin mengajak seluruh masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan demi kesehatan dan kecerdasan generasi penerus bangsa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, berbagai sosialisasi langsung kepada masyarakat telah dilakukan. Marlin menekankan pentingnya mengonsumsi ikan karena kandungan nutrisinya yang tinggi, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

“Program Gemarikan dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Kami berharap kegiatan ini dapat membantu menuntaskan dan mencegah stunting di kalangan anak-anak di Kota Batam,” jelas Marlin.

Marlin juga menambahkan bahwa ikan merupakan makanan rendah kalori yang kaya akan protein dan omega-3, menjadikannya pilihan makanan yang ideal untuk dikonsumsi setiap hari. Ia menyatakan bahwa ikan segar sangat mudah didapatkan di Kepri, sehingga dapat menjadi menu harian yang tepat bagi keluarga.

Selain manfaatnya untuk meningkatkan kecerdasan otak pada anak, Marlin menjelaskan bahwa ikan juga dapat mencegah demensia atau penurunan fungsi otak, memperbaiki mood, dan mencegah depresi. Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan juga membantu mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat, payudara, ovarium, kulit, dan kanker pencernaan.

“Konsumsi ikan secara teratur dapat menyehatkan jantung karena omega-3 membantu mencegah pembekuan darah dalam dinding arteri, yang bisa menyebabkan serangan jantung,” tambah Marlin. Selain itu, ikan juga bermanfaat untuk menyehatkan persendian, mata, janin pada ibu hamil, kulit, dan membantu menurunkan berat badan.

Marlin menekankan bahwa kandungan protein dalam ikan segar sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

“Jadi, dengan mengkonsumsi ikan, badan bisa sehat dan cerdas. Mari gemar makan ikan,” tutup Marlin.

(Nanang Zakaria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *