Dilepas Wali Kota Batam, Ribuan Pelari Ikuti Batam 10K

Gambar: Dilepas Wali Kota Batam, Ribuan Pelari Ikuti Batam 10K, (14/7/2024).

TNews, BATAM – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, melepas secara langsung peserta Batam 10K, Minggu (14/7/2024). Event tahunan yang digelar Pemko Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam itu, diikuti ribuan peserta.

“Ini merupakan Event Sport Tourism yang menjadi daya tarik pariwisata Batam,” ujar Wali Kota.

Rudi mengatakan, pihaknya terus mendukung event-event olahraga. Bahkan, pihaknya sudah membangun jalan lebar beserta jalur khusus bagi warga yang gemar olahraga.

“Seperti jalur pesepeda maupun pejalan kaki, silakan dimanfaatkan untuk berolahraga,” katanya.

Di kesempatan itu, ia juga menyampaikan apresiasi bagi peserta Batam 10K. Ia mengucapkan selamat bagi pemenang. “Semoga event ini akan terus digelar dan kedepan akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata, mengungkapkan bahwa Batam 10K diikuti lebih dari 1.500 pelari.

“Awalnya kami perkirakan ada sekitar 1.000 pendaftar, tapi ternyata calon peserta membludak melebihi 1.500 orang,” ujar Ardiwinata.

Lomba lari Batam 10K merupakan event tahunan yang menjadi salah satu andalan Sport Tourism di Kota Batam. Tahun ini adalah gelaran yang ketiga, setelah sebelumnya sukses digelar di tahun 2022 dan 2023 lalu.

Kepala Dinas berharap, event ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan maupun penggemar olahraga lari di Kota Batam. Mengingat, peserta juga datang dari berbagai daerah lain di Indonesia dan bahkan dari mancanegara.

“Sejauh ini peserta asing itu berasal dari Singapura, Malaysia, dan India,” sebutnya.

Adapun, lomba ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni pelajar, umum, dan master. Event yang dinanti bagi para pelari Kota Batam ini akan menempuh rute start dari depan Hotel Santika menuju Harmoni One Hotel. Kemudian, ke arah Simpang Rosdale dan berbelok menuju Simpang Orchard Park dan kembali lagi ke arah Hotel Santika melalui Simpang Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepri di Batam.

“Lokasi acara dipusatkan di depan Hotel Santika Batam. Sebagai penunjang acara, ada juga bazar yang berlokasi di Dataran Engku Putri,” terangnya.

Total hadiah yang disiapkan sebesar Rp. 31 juta, serta ada hadiah hiburan berupa umrah, sepeda motor, TV, setrika, dispenser, Rice Cooker, Handphone, dan masih banyak lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *