Batam Rayakan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-22 dengan Semangat Pembangunan

Gambar: Batam Rayakan Hari Jadi Provinsi Kepri ke-22 dengan Semangat Pembangunan, (24/9/2024).

TNews, BATAM – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau yang ke-22, Kepala BP Batam sekaligus Walikota Batam, Muhammad Rudi, memimpin upacara di Dataran Engku Puteri, Batam, Selasa pagi. Upacara dihadiri ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dengan khidmat mengikuti jalannya acara.

Dalam sambutannya, Muhammad Rudi menekankan pentingnya semangat pembangunan untuk mendukung perekonomian Provinsi Kepulauan Riau. “Kota Batam adalah penyumbang utama dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri. Oleh karena itu, kita perlu menjaga kekompakan dan aktif berkontribusi,” ujarnya.

Data terbaru menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Batam pada tahun 2023 mencapai 7,04 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri yang sebesar 5,20 persen dan pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,05 persen. Status Kota Batam sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) serta keberadaan tiga Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)—yaitu KEK Nongsa, KEK Batam Aero Technic (BAT), dan KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam—semakin mengukuhkan posisi Batam sebagai tulang punggung perekonomian Provinsi Kepri.

Muhammad Rudi juga mengajak seluruh komponen daerah untuk memaksimalkan potensi Kepulauan Riau sebagai daerah maritim, dengan menjadikan pembangunan infrastruktur dasar sebagai prioritas utama. “Ekonomi harus terus tumbuh dengan pembangunan yang merata. Mari kita berkontribusi agar Kepri bisa lebih maju,” tambahnya.

Dengan perkembangan infrastruktur yang pesat di Kota Batam, Rudi berharap agar pembangunan ini dapat dilanjutkan ke kota dan kabupaten lain di Provinsi Kepri, sehingga tercapai peningkatan ekonomi yang menyeluruh.

“Selamat Hari Jadi Provinsi Kepri. Semoga kita semakin maju, menjadi daerah yang berdaya saing tinggi, dan masyarakatnya sejahtera. Kepri hebat, terus melaju!” tutup Muhammad Rudi.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *