Batam Berduka, Jenazah Dato’ H. Nyat Kadir Dimakamkan di Seitemiang

Gambar: Batam Berduka, Jenazah Dato' H. Nyat Kadir Dimakamkan di Seitemiang, (2/9/2024).

TNews, BATAM – Dato’ H. Nyat Kadir, anggota DPR RI periode 2019-2024 sekaligus mantan Wali Kota Batam dan Ketua Umum Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Batam, dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Seitemiang, Kecamatan Sekupang, pada Senin pagi (2/9/2024). Wali Kota Batam, Muhammad Rudi (HMR), dan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, turut hadir mengantarkan almarhum ke peristirahatan terakhirnya.

Dato’ H. Nyat Kadir meninggal dunia di usia 75 tahun pada Minggu, 1 September 2024, pukul 14.15 WIB di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta. Jenazahnya tiba di Batam pada pukul 07.30 WIB setelah diterbangkan dari Jakarta. Penyambutan dilakukan di Bandara Hang Nadim oleh Sekda Kota Batam, Jefridin, sementara Wali Kota Batam turut serta dalam penerbangan tersebut.

Setibanya di kediaman almarhum di Tiban I, Kecamatan Sekupang, pada pukul 09.15 WIB, upacara pelepasan jenazah digelar oleh para alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Upacara tersebut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, dan tokoh agama, yang datang untuk memberikan penghormatan terakhir.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyampaikan rasa kehilangan yang mendalam. “Kepergian Drs. H. Nyat Kadir adalah kehilangan besar bagi kita semua. Beliau telah memberikan kontribusi yang sangat berarti untuk kemajuan Kota Batam, dan jasa-jasanya akan selalu dikenang. Kami berdoa agar almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya,” ujar HMR dalam pernyataannya.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, juga menyampaikan belasungkawa atas nama seluruh jajaran Pemerintah Kota Batam. “Drs. H. Nyat Kadir adalah sosok yang sangat berdedikasi. Upacara pelepasan ini merupakan bentuk penghormatan atas segala pengabdian beliau. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan,” katanya.

Usai upacara pelepasan, jenazah disalatkan di Masjid Baiturrahman, Sekupang, sebelum dimakamkan di TPU Seitemiang. Almarhum meninggalkan seorang istri dan tiga orang putra. Kehilangan ini menjadi duka mendalam bagi masyarakat Batam, mengingat peran dan kontribusi besar Dato’ H. Nyat Kadir selama hidupnya.*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *